Jumat, 25 April 2014

KRETIF TANPA BATAS

KREATIF MENANAM

Tanaman hias yang berfungsi memperindah, tidak hanya ditanam dihalaman rumah. Didalam ruanganpun sering kita jumpai. Tanaman hias didalam ruangan biasanya menggunakan air atau tanah sebagai media tanam. Tanaman hias dengan media air, beresiko menjadi sarang nyamuk. Kita harus rajin mengganti air dan mencuci vasnya. Sedangkan media dari tanah, juga cukup merepotkan dari segi kebersihan.


Ada beberapa solusi menanam tanaman hias didalam rumah, namun bagian rumah tetap bersih. Banyak orang memilih gel sebagai media tanam didalam rumah agar tetap bersih. Karena gel mudah menyerap air. Namun pernahkah anda berpikir, menggunakan tumpukan majalah atau koran, sebagai media tanaman hias ?


Jika anda seorang kutu buku, tentu akan berpendapat tidak setuju, menggunakan buku sebagai media tanam. Tapi jangan kawatir, karna buku yang dipakai disini adalah buku atau komik yang sudah tidak dibaca lagi.

Koshi Kawachi seniman asal Jepang, yang mempunyai ide cemerlang dan unik, menggantikan media tanaman hias dengan menggunakan tumpukan majalah atau komik tebal. Cara ini oleh Koshi kawachi, kemudian disebut MANGA FARMING.


Karena bermedia kertas tentu saja hanya tanaman tertentu yang bisa kita tanam. Koshi kawachi, menggunakan kemangi, brokoli untuk mempraktekan karyanya.

Berikut bahan yang dibutuhkan;

1 beberapa majalah atau komik bekas,yang cukup tebal dan diikat menjadi satu.

2. Air sebagai nutrisi utama

3. Tempat buku atau tatakan agar air siraman tidak kemana mana 4. Bibit tanaman, berupa biji sayuran seperti kacang, lobak,brokoli, kemangi dan lain lain.

Cara membuat;

A. Buat tumpukan buku atau komik tersebut menjadi lembab dengan cara merendam didalam air.

B. Letakan buku diatas tatakan, agar buku basah tersebut airnya tidak merembes kemana-mana. C. Sisipkan benih-benih kedalam halaman buku.

D. Lakukan siraman air secara rutin pada biji yang ditanam

E. Taruh media tanam ini diarea yang terkena sinar matahari dan terkena angin namun jangan terlalu kering. Selamat mencoba. (dari berbagai sumber)

Yani serdadu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar